Senin, 28 Januari 2013

Pengalaman di ‘HUT 11 Tahun Transmedia untuk Indonesia’ #LombaResumeHut11TransMedia


Logistik Di HUT 11 Transmedia
Dear, gue Christian Adhi Pralingga. Gue anak semata wayang sampai satu-satunya adek gue lahir ke dunia. Kali ini gue bakal nyeritain pengalaman gue di ‘HUT  11 Tahun Transmedia untuk Indonesia’.
                Berawal dari seorang teman yang selalu kalah main PES, sebut saja ARI, gue di ajak masuk ke sebuah komunitas ‘Transmania’, sebuah komunitas pemirsa muda Trans Tv yang kata si-ARI asik banget buat yang suka berorganisasi, bisa nambah temen, serta banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa lo ambil dari sini. Sesuatu yang awalnya terasa asing di telinga dan pikiran gue. Namun karena rasa penasaran dan ingin tahu, gue daftar dan ikut rules yang ada, dan yap, gue pun masuk kedalam komunitas ini.

Crew Logistik di HUT 11 Transmedia
                Sehari, 2 hari, 3 hari gue belom dapet apa yang dikata pelajaran dan pengalaman itu, sampai suatu ketika, ada jarkom sms masuk yang menyarankan agar anggota komunitas liat grup FB, karena ada beberapa job menarik nan syahdu buat berpartisipasi di acara HUT Transmedia ini. Dan gue pun tersenyum, mungkin disinilah bisa didapatkan pelajaran dan pengalaman yang dimaksud si-ARI.
 Yap setelah liat Grup, terlihatlah apa saja Job nan syahdu itu, ada yang diminta jadi Dummy (Pengganti Artis), Logistik, LO dan Audience. Semua Job (kecuali Dummy, karena gue sama sekali tidak tertarik dengan dunia per-Dummy-an) sebenernya udah pernah gue jalanin di pelbagai acara di kampus. Gue udah pernah jadi LO, udah pernah jadi Logistik, serta sering jadi penonton. Akhirnya gue yakin sama pilihan gue. Apa ?
LOGISTIK!
                LOGISTIK ? WHY ? Di LOGISTIK inilah gue rasa dan feeling gue yakin banget kalo gue bakal dapet pengalaman yang berharga yang bisa gue ‘jual’ ntarnya. Dan feeling gue sepertinya akan menjadi kenyataan seiring akhirnya gue bisa berpartisipasi di LOGISTIK ini, di balik layar di sebuah acara besar yang disiarkan secara langsung di sebuah stasiun Tv.

Crew Logistik di HUT 11 Transmedia
                Singkat cerita gue ditempatkan di Venue Indoor. Setelah itu gue diberi tahu jalur traffic Crew, rundown acara dll. Di Venue Indoor kita check and set-up ‘Pohon starlight’-nya Geisha, set-up Stage buat Coboy Jr,  placing Kerangkeng, placing ‘An Ancient Legendary Diamond’ serta Aksesoris kerajaan laut, trus apalagi ya ? lupa. Kok bisa lupa ? itu karena terlalu banyak hal yang dilakukan diluar rencana awal pada hari-H :D



Buat pohon starlight, kita mesti ngerangkai pohon tersebut dengan Aki di slot yang tersedia, dan slot itu ditutupi dengan kain hitam. Buat set kerajaan laut kita mesti nge-cat ulang warna emas di kerang pada bagian yang belom tercat. Selebihnya kita ‘just put them on the stage’, Terlihat mudah ya ? tersenyumlah sampai tahu seberapa beratnya ‘An Ancient Legendary Diamond’ itu dan masih terasa berat ketika diangkat oleh sekitar 10 orang pria dewasa.
Terlepas dari begitu beratnya ‘An Ancient Legendary Diamond’ itu, pada akhirnya gue bisa mendapatkan apa yang kata ARI ‘banyak pelajaran dan pengalaman’. Bisa berinteraksi dan bekerja bersama Tim Produksi dan Tim Kreatif Trans telah memberikan beribu suntikan pengalaman dan motivasi baru bagi gue. Gue bisa belajar banyak hal tentang mengurus acara, plan A, plan B, dll dari Crew-crew yang bertugas, baik ketika berdiskusi, ataupun dengan cara lainnya, dan tentu saja memperluas Link.



Enaknya di LOGISTIK, sambil lo kerja, lo bisa liat gimana kerjanya Dummya, liat gimana sibuknya LO yang mesti ngedampingin artis yang dia LO-in. *padahal ketika lo jadi dummy, ataupun LO, lo juga bisa liat LOGISTIK kerja :D*
Jujur, di hari-H lah gue merasa gue paling banyak mendapatkan pelajaran dan pengalamannya, dan tentunya juga paling berkesan :D Banyak kejadian tak terduga di hari-H, salah satunya hujan di Outdoor sehingga semua talent di Outdoor mesti di tampilin di Indoor. Dan sebagian Crew di Indoor mesti bantu loading property dari Outdoor ke Indoor, dengan kondisi di Indoor itu sendiri sedang dalam jobdesk-nya masing-masing. Namun pada akhirnya, dengan kerjasama dan kekompakan tim, venue pun sukses berpindah, dan acara sukses berjalan :D
Oh iya, ada juga temen gue yg LO sempet pusing pas hari-H waktu dia kehilangan artisnya ketika diperjalanan menuju backstage Indoor, setelah sekian lama mencari akhirnya ketemu juga. Ternyata artisnya pergi ke backstage  sebelah kanan, sementara dia sebagai LO-nya pergi ke backstage sebelah kiri. Hehehe
Apa lagi ya ? Gue ga tau mau nulis apa lagi, ini aja udah terlalu panjang kaya’nya.

Saran : Buat lo pemirsa muda Trans Tv yang belom gabung di komunitas Transmania ini, ayo buruan gabung! Rasakan Sensasinya !!! Gak bakalan nyesel dah .. *serius*

Congratulation " Christian Adhi Pralingga
for a Winner 
#LombaResumeHUT11Transmedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar