Jumat, 09 November 2012

#RamadhanKreatif Transmania Bandung

Pastinya udah tau dong Transmania itu apa? udah kita ulas juga sebelumnya kan tentang apa itu Transmania dan gimana aja kami.

Sebagai bentuk organisasi masyarakat, maka Transmania juga perlu melakukan aksi-aksi nyata dalam hal ini aksi sosial, maka dengan dasar pemikiran tersebut para Duta Muda Transmania Bandung membuat sebuah kegiatan yang bertajuk 

#RamadhanKreatif "Seribu Senyum untuk Bandung".

 

Jika sepintas dari namanya terkesan apa kaitannya kreatifitas dengan aksi sosial? Sebenarnya sudah jelas jawabannya, dengan kreatifitas kita bisa melakukan apapun. 

    Kegiatan #RamadhanKreatif ini dilakukan dengan mencari donatur untuk didonasikan ke eyang-eyang yang ada di panti jompo. Seperti nama kegiatannya, #RamadhanKreatif ini merupakan kegiatan Transmania untuk mengisi Bulan Ramdhan dengan kegiatan yang positif dan kreatif tentunya. 



    Kegiatannya terdiri dari 2 subkegiatan, yaitu kegiatan penggalangan dana dan acara bakti sosial di Panti Werdha Asuhan Bunda. Penggalangan dana diisi dengan kegiatan mengumpulkan donasi yang dilakukan di beberapa tempat seperti tempat-tempat umum, kampus, dan sekolah sebagai tanda pemberian "senyum" dan "semangat" Ramadhan yang ditujukan untuk Bandung. 




   Kemudian dalam kegiatan bakti sosial, diberikan kenang-kenangan berupa foto-foto para donatur kepada pihak Yayasan Sosial Asuhan Bunda sebagai bukti berbaginya "senyum" dan "semangat" di bulan Ramadhan ini. Selain itu ada juga talkshow yang bertemakan "Life University", yaitu live sharing dengan beberapa wreda dengan judul "We Life and We Learn" yang dimaksudkan agar peserta talkshow dapat belajar dari pengalaman hidup para wreda yang penuh semangat meskipun dalam berbagai keterbatasan. Ada pula hiburan, games, tausiyah, dan ditutup dengan acara buka bersama. Keseluruhan kegiatan ini melibatkan teman-teman dari SMAN 9 Bandung, para wreda dari Yayasan Sosial Asuhan Bunda, beberapa komunitas lain di Bandung, dan teman-teman Transmania Bandung lainnya.


Mau tau ga Cerita selengkapnya , mau tau banget atau mau tau aja nih ? hahaha ,
nah ini dia cerita yang dibuat sengaja super Formal agar lebih serius aja bacanya ya ..hehe ;)


"Senyum Bahagia bersama Wreda"



Ekspresi bahagia tersorot di setiap sudut mata dirungan itu. gelak tawa dan tepuk tangan terdengar renyah disela-sela bahagia bak indahnya pelangi sore  yang cerah. kulit keriput serta rambut yang kini beruban rupanya tak dapat menjadi penghalang untuk berbagi bahagia para wreda di Wisma Asuhan Bunda bersama puluhan pelajar SLTA dan Mahasiswa.

 

   Mereka dipertemukan dalam senyum di sore ramadhan oleh Duta Muda  Transmania Bandung. Ruangan sederhana dengan tikar sebagai alas, rupanya tak mengurangi esensi kebahagiaan di Panti Jompo yang terletak di KPAD Geger Kalong Bandung pada Rabu, 8 Agustus 2012 yang lalu.


Nyanyian yang diiringi alunan biola dan gitar , gelak tawa, dan tepuk tangan  menjadi warna tersendiri Ramadhan Kreatif yang bertajuk “Seribu Senyum Untuk Bandung” sore itu yang digelar oleh Duta Muda Transmania Bandung sebagai bentuk peduli terhadap para Wreda.
Konsep buka bersama digelar secara sederhana diwarnai dengan seragam putih abu-abu para pelajar dari SMA Negeri 9 Bandung yang ikut hadir berpatisipasi. Bahkan, Bebrapa Mahasiswa dari berbagai Universitaspun ikut berbagi bahagia pada acara itu.


“Seneng deh bisa ikutan, apalgi berbagi dengan orang tua kita, bahagia pokonya,” ujar Shiro (19) salah satu Mahasiswi UIN Bandung yang hadir dalam acara Ramadhan Kreatif tersebut.  

Dalam acara inipun, Duta Muda memberikan Donasi yang berhasil terkumpul. Plakat dan doorprize tak luput mewarnai acara hari itu. sambil menunggu buka bersama, “We Life,We Learn” juga di angkat sebagai tema pada sesi talk show di acara Charity tersebut.di sesi ini Para Wreda diberikan kesempatan berbagi dalam segala hal kepada peserta yang hadir. Tentang kehidupan, pengalaman,cerita, atau hanya sekedar nyanyi-nyanyi bersama. Tak ayal tingkah para wreda membuat semua yang hadir tak bisa menahan  gelak tawa yang membuat suasana semakin hangat dan akrab. 


Acara pada hari itu merupakan puncak atau inti dari kegiatan Ramadhan Kreatif yang digelar Duta Muda Transmania Bandung. Setelah beberapa hari sebelumnya Duta Muda melaksanakan kegiatan “Spirit Collecting Day”. Yaitu kegiatan pengumpulan donasi yang di rancang berbeda. Setiap pendonor dana atau yang menyumbang dana difoto untuk kemudian dicetak dalam bentuk “Banner” dan “Baligo” serta dipasang pada saat acara inti berlangsung. Tujuannya, selain khalayak bisa berbagi dana, khalayakpun bisa langsung berbagi senyum melalui foto. Termasuk plakat sebagai bentuk kenang-kenangan tak lepas dari design berdasarkan foto-foto senyum para pendonor dana.



Nah Seru kan ??? next event nya apa yaa???
 mungkin kalian lah participant nya nanti.
^_^
SALAM : MUDA, KREATIF, MANDIRI !!! 


By : @HamdiSmile & -MedPro-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar